Menghadapi musim penghujan seperti yang terjadi sekarang ini tidak
jarang Speedy mengalami gangguan yaitu putusnya koneksi internet di
karenakan kabel putus atau rusak karena petir. Hal itu juga terjadi pada
Speedy saya sehinggan dengan terpaksa tidak bisa internetan selama tiga
hari.
Selama kurang lebih satu tahun menggunakan Speedy kejadian koneksi putus
baru dua kali ini artinya saya memiliki keterbatasan dalam hal
pengetahuan cara mengatasi koneksi speedy yang terputus. Walaupun dengan
mencari di situs Google banyak yang sudah menyuguhkan artikel cara
mengatasi koneksi internet yang putus namun ternyata tidak mengatasi
permasalah yang yang terjadi di Speedy saya karena memang diperlukan
sedikit pengalaman untuk mengatasi probelm koneksi speedy.
Jika Anda mengalami permasalahan serupa dengan saya pertama kali yang
perlu Anda lakukan adalah jangan panik, kepanikan akan membuat setingan
speedy berubah seperti memencet tombol restar sehingga pada saat koneksi
speedy tersambung Anda akan kembali membuat setting ulang speedy.
Kenali jenis permasalahan yang menimpa Speedy Anda dengan melihat saja
dari modem Speedy yang Anda gunakan. Untuk lebih jelasnya saya akan
menjelaskan jenis modem yang saya gunakan, lihat gambar di bawah ini.
Gambar Modem TP LINK TD-W8951ND pada kondisi Normal
Pada kondisi normal modem TP LINK TD-W8951ND akan menyal seperti pada
gambar di atas, penjelasan pada gambar di atas sebagai berikut
- A = Tombol power
- B = Tombol koneksi yang menandakan jaringan speedy dengan modem terkoneksi
- C = Tombol browser artinya speedy (modem) terkoneksi denan PC atau Laptop dan dapat di gunakan untuk internetan.
- D = Koneksi Wi-Fi
- E = Koneksi dengan Komputer / Laptop dengan Lan.
Jika koneksi internet Speedy Anda mati kenali terebih dahulu jenis
permasalahan yang dapat Anda lihat dengan melihat lampu indikator Speedy
Anda. Untuk membantu Anda mengenali jenis gangguan Speedy Anda akan
saya jelaskan satu persatu. Namun pada umumnya jenis lampu indikator
yang dapat menunjukkan speedy mati hanya pada lampu indikator huruf B
dan C
Lampu indikator yang menyala hanya A, D, E
Kejadian ini yang baru saja menimpa pada modem speedy saya, jika Anda
mengalamai kejadian yang serupa artinya koneksi speedy Anda ke server
telkomsel mati, bisa jadi masalahnya beragam mulai dari kabel terkena
petir, kabel putus kena pohon tumbang dan lain-lain. Untuk Anda yang
mengalami kejadian ini modem jangan di restart, yang di maksud dengan
restart di sini adalah menekan lubang kecil yang terdapat di belakang
modem. Telpone ke no Speedy di no 147 dengan menambahkan sesuai kode
area lokasi Anda jika Anda menelpone dari no GSM. Jika Anda ingin irit
bisa menghubungi langsung ke Twitter Telkom Speedy di akun @TelkomCare atau FP di : www.facebook.com/TelkomSolutionID.
Ceritakan masalah Anda kepada admin Telkom Speedy, sertakan foto
kondisi modem dan identitas no speedy dan alamat lengkap Anda. tunggu 3 x
24 jam biasanya esok hari setelah laporan masuk akan ada petugas yang
mendatangi Anda. Jika sambungan speedy sudah di perbaiki petugas maka
tombol lampu indikator pada huruf B dan C akan menyala dan speedy sudah
bisa di gunakan kembali.Untuk prosedur menghubungi Telkom via Twitter
dan Facebook bisa dilihat di sini.
Lampu indikator yang menyala hanya A, B, D, E
Jika terjadi kondisi seperti ini artinya koneksi Speedy dari server ke
modem sudah terkoneksi namun tidak bisa di gunakan untuk internetan,
Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di gambar di bawah ini.
Biasanya setingan di modem sudah berubah bisa jadi hal ini di karenakan
Anda reset tombol kecil di belakang modem. Jika sudah di restart secara
otomatis makan setinggan username dan password Speedy Anda sudah
berubah, biasanya pada indikator koneksi internet di PC atau laptop Anda
bertanda pentung warna kuning. Untuk mengubah kembali setingan sesuai
dengan ID Speedy Anda caranya lihat step by step langkah berikut ini;
Masuk ke browser yang Anda milik kemudian masukkan url tanpa www cukup
dengan mengetik kode 192.168.1.1 selanjutnya tekan enter. Setelah masuk
Anda akan diminta memasukkan username dan password masukkan isi password
dan user name dengan nama admin. Jika Anda kesulitan
masuk tutup terlebih dahulu browser Anda kemudian buka lagi, jangan lupa
modem juga matikan dahulu kemudian nyalakan lagi.
Kemudian masuk ke menu Interface Setup kemudian pada kolom Virtual Circuit
pilih PVC1, untuk VPI masukkan angka 8 dan untuk VCI masukkan angka 81.
Pada kolom PPPoE/PPPoA pada kolom username masukkan no Speedy yang Anda
dapat pada saat pertama kali berlangganan Speedy, no yang di maksud
disini adalah 12 digit angka buka nomor telepone. Untuk Password juga
sudah di sediakan pada saat pertamakali pemasangan instalansi Speedy,
Pasworrd ini berupa kombinasi huruf dan angka sebanyak 10 buah. Jika
Anda lupa password dan nomor speedy bisa minta ke 147 atau Twitter dan
Facebook Speedy. Password dan nomor Speedy untuk lebih jelasnya lihat
pada gambar di bawah ini.
Gambar Nomor dan password Speedy yang diberikan pada saat pemasangan instalasi Speedy.
Masih pada menu Interface Setup geser menu ke bawah temukan menu Default route pastikan terisi atau tercentang pada tulisan Yes. Lihat pada gambar di bawah ini.
0 komentar: