GRIYAKOMPUTER.COM

Selasa, 05 Januari 2016

Fungsi Dan Kegunaan LAN

00.07 - No comments


  LAN (Local Area Network). Local Area Network adalah Jaringan Komputer yang menyambungkan beberapa komputer didalam area yang kecil seperti rumah, sekolah, Laboratorium, ataupun di gedung kantor (wikipedia.org). Oh iya selain LAN diurut dari cakupan luas jangkauannya ada jaringan-jaringan lain seperti MAN (Metropolitian Area Network) yang mencakup antar kota dan WAN (Wide Area Network) yang mencakup antar negara.
Nah disini saya akan menjelaskan beberapa kegunaan LAN secara umum :


  1. Dapat menshare file yang ingin kita bagi dan mengedit file ke atau dari komputer lain.
  2. Menghemat biaya operasional. Dapat kita ambil contoh seperti printer, jika kita ingin memprint sesuatu pastinya komputer tersebut harus terhubung dengan printer dan otomatis setiap komputer haruslah mempunyai printer. Dengan adanya LAN para pengguna komputer sekarang tidak perlu membeli 2 printer, cukup membeli 1 printer bisa digunakan oleh dua komputer.
  3. Keamanan data lebih terjamin. Jika dibandingkan dengan jaringan wireless LAN tergolong lebih aman dikarenakan sepanjang jaringannya dipasang dengan firewall yang baik maka jaringan tersebut akan membuat serangan dari luar menjadi sulit serta memungkinkan admin dapat mengontrol data-data yang akan diakses oleh user lain.
  4. Meningkatkan efisiensi kerja. bekerja bersama-sama dapat terlaksana lebih efektif dan efisien dikarenakan kita bisa mengakses file atau data dari komputer lain, sehingga bisa kita kerjakan secara bersama-sama, tidak perlu bergantian.
  5. Menghemat kapasitas/memori media penyimpanan (harddisk). Misalnya ada komputer yang memiliki harddisk 2 Tera dan komputer yang memiliki harddisk 30 G, kan ngga mungkin kita menyimpan file atau data yang besar di komputer yang harddisknya cuma meliki kapasitas 30 G, Kita simpan saja di komputer yang harddisknya 2 Tera, jika komputer yang memiliki harddisk 30 G, bisa mengaksesnya, karena dimungkinkannya pengaksesan file atau data dari komputer lain dan tidak memerlukan pengkopian, cukup membuka file atau data tersebut.

  • Share this post:

About the Author

Hello, I am Author, decode to know more Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Follow me @Happy Group
View all posts by admin →

Recent Posts

0 komentar:

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with our website!

back to top